top of page
Search

NUTRISI: APA SAJA SI NUTRISI UNTUK UNGGAS?



Hello Himpusphile, kali ini HIMPUS akan berbagi informasi tentang nutrisi yang dibutuhkan oleh unggas loh!


Nutrisi merupakan ilmu yang dinamis di mana dari tahun ke tahun terus berkembang. di bidang unggas, sampai tahun 1958 banyak penelitian yang fokus terhadap pencarian nutrien esensial sehingga diketahui unggas membutuhkan nutrien makro (karbohidrat protein dan lemak) dan nutrien mikro( vitamin dan mineral). Pada tahun 1960- an, Penelitian fokus terhadap laju pertumbuhan ayam pedaging. Pada tahun 1970-an penelitian fokus terhadap rasio konversi pakan atau efisiensi penggunaan pakan pada tahun 1980-an. Penelitian fokus kepada biaya pakan(feed cost) bobot hidup titik pada tahun 1990-an, fokus penelitian bergeser pada biaya pakan/ hasil daging (Fit cos meat yield) dan keinginan konsumen. Jadi menurut himpusphile apa saja si nutrisi-nutrisi yang dibutuhan unggas untuk melangsungkan kehidupannya?



1. Karbohidrat Monosakarida

Ada 4 buah monosakarida utama yang memiliki 6 buah ikatan karbon, yaitu tu d-glucose,

d fructose,D-galactose, dan D-mannose.Sejauh ini D-glocose adalah yang paling penting dalam nutrisi dan metabolisme ayam karena merupaan gula darah yang utama. Level glukosa dalam darah hewan normal dikontrol dalam batas yang sempit dengan mekanisme fosiologi yangkomplesk dan merupaka dasar sumbe energy hewan.Beberapa D-glucoe ditemukan dalam getah tanaman,meskipun jumlah nomosakarida yang ada dialam sedikit dibandingkan dengan yang ada dalam polimer yang berupa unit polosakarida dan disakarida. D-glukosa diproduksi pada skala komersial oleh hidrolisis asam dari tepung jagung untuk menghasilkan sirup jagung dan kristal dekstrosa kering. Kemudian ada pati dimana Pati adalah cadangan karbohidrat tanaman yang berasal terutama dari biji-bijian seperti selulosa .Pati terdapat pada biji-bijian dan bahan pakan lainnya yang berbentuk butiran yang mungkin berbentuk bulat atau oval ,berbentuk lensa atau tidak menentukan bergantung sumbernya. granula Pati terisolasi mengandung nitrogen hinggam0.05% . materi nitrogen dan fosfolipid dalam hati sangat mengganggu Untuk Penelitian pada ayam jika Pati digunakan sebagai sumber karbohidrat dalam ransum. bahasa murni, glukosa dan sukrosa diproduksi secara komersial dalam bentuk murni merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penelitian.

Ketika diberi air panas pasti akan terpisah dari 2 fraksi yaitu amilosa yang mudah larut dan amilopektin yang tetap sebagai fraksi tidak larut. pada ayam terjadi pencernaan Pati yang baik dikarenakan terjadinya perendaman pakan dalam tembolok dan selanjutnya penggilingan dalam gizard yang terjadi sebelum bekerjanya amilase dan pankreas pakan terlebih dahulu mungkin dapat meningkatkan nilai energi metabolisme nya seperti pengukusan dan penekanan yang digunakan pada saat pembuatan pellet.

Selanjutnya terdapat oligosakarida yang dapat digunakan dalam struktur yang memiliki dua atau lebih unit monosakarida tetapi yang lebih kecil dan kompleks disebut polisakarida. oligosakarida yang utama dan penting dalam nutrisi untuk ayam adalah sukrosa dan maltosa. Pada pakan unggas, bungkil kacang kedelai adalah sumber utama oligosakarida yang kecernaannya sangat rendah.


2. Lemak

Dari semua lipida hanya asam linoleat yang merupakan asam lemak esensial untuk ayam asam linoleat sangat penting untuk pertumbuhan ayam dan untuk memaksimumkan produksi serta ukuran telur.

3. Protein

Bagian variabel dari protein dapat diubah menjadi turunan karbohidrat atau menjadi metabolit asam lemak dan dapat menyediakan Glukosa yang diperlukan untuk mempertahankan kadar gula darah.


Kebutuhan protein untuk kulit dan ayam petelur periode produksi

Kebutuhan protein untuk dan layer telah dikukuhkan dengan sangat baik . Untuk ayam yang belum dewasa, pertumbuhan bobot badan, pertumbuhan bulu, dan perkembangan kerangka adalah kriteria utama Sedangkan untuk ayam petelur periode produksi menekankan pada produksi massa telur dan hidup pokok.


Ayam petelur periode pertumbuhan sampai dewasa

Dari ayam petelur yang belum dewasa sering terbatas. dengan demikian, pertumbuhan di awal yang cukup adalah kunci untuk mengoptimalkan performa pada waktu dewasa titik model kebutuhan protein untuk kulit adalah berdasarkan kebutuhan untuk pertumbuhan hidup pokok dan pertumbuhan bulu.


Kebutuhan protein harian untuk pertumbuhan

Disebabkan karena ayam mengandung sekitar 18% protein maka kebutuhan protein harian untuk pertumbuhan dapat dihitung sebagai berikut titik penambahan bobot badan (g) x 0,Protein jaringan 18%), kemudian dibagi 0,61( efisiensi penggunaan protein ransum 61%)


Kebutuhan protein untuk hidup pokok

Nitrogen endogenous( dari dalam tubuh atau tanpa makan) yang hilang setiap hari dari ayam muda adalah sekitar 250 mg N per kg bobot badan per hari. Jadi, kebutuhan protein untuk hidup pokok adalah sekitar 2,6 g/kg obat badan dengan asumsi efisien penggunaan protein 61%.


Kebutuhan protein harian untuk produksi bulu

Pada umur 3 minggu, bulu ayam sebanyak 4% dari bobot badan titik jumlah bulu ini bertambah menjadi 7% pada umur 7 minggu dan setelah umur tersebut tetap relatif konstan. kandungan protein bulu sekitar 82%. dengan demikian kebutuhan protein harian untuk produksi bulu dapat dihitung dengan mengalikan persentase berat bulu( 0,04- 0,07) dengan pertambahan bobot badan(g) dan dikalikan dengan 0,82( persentase protein dalam bulu) kemudian dibagi 0,61.


4. Mineral dan kebutuhannya

Mineral menjadi toksik jika dikonsumsi berlebihan seperti mineral selenium, flour, vanadium dan arsenik. cuprum dan fluor secara kumulatif akan menjadi racun Karena unggas tidak dapat secara efektif Ekspresikan mineral-mineral tersebut sehingga semakin lama akan terkumpul dalam jaringan dan akhirnya menyebabkan keracunan. sejumlah mineral meliputi Fluoride, nickel, silicon, tin, vanadium, chonium menghasilkan pengaruh menguntungkan dalam tubuh ternak akan tetapi belum diklasifikasikan sebagai mineral esensial.


5. Vitamin

Vitamin adalah suatu senyawa organik yang berbeda dari lemak karbohidrat Dan protein, serta komponen natural dari bahan pakan yang umumnya terdapat dalam jumlah yang sedikit. vitamin esensial untuk tubuh dalam jumlah yang sedikit untuk fungsi fisiologis normal seperti untuk kebutuhan hidup pokok pertumbuhan dan produksi.

Ayam rentan terhadap terjadinya defisiensi vitamin karena beberapa hal yaitu

1) Ayam memperoleh sedikit vitamin yang diperoleh dari mikroba di saluran pencernaan

2) Saya membutuhkan vitamin yang tinggi untuk fungsi metabolik yang vital, dan

3) penyebab tingkat stress-nya.

Kebutuhan vitamin pada unggas menurut NRC ( 1994) merupakan kebutuhan minimum pada kondisi di bawah ideal yaitu ayam akan tumbuh dan menghasilkan performa minimal dan tidak terlihat gejala defisiensi.

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan vitamin dan pemanfaatan vitamin

a. Perbaikan fisiologis dan fungsi produksi

b. Pemeliharaan kandang tanpa kesempatan dilepas di pastura

c. Lingkungan yang merugikan( kondisi stres dan sakit akan meningkatkan kebutuhan pokok dari beberapa vitamin)

d. Vitamin dan nutrien lainnya.

Vitamin dapat menjadi tidak aktif karena perubahan fisik dan kimia dalam premik, Ukuran pakan, atau bahkan pada tubuh ayam.


6. AIR

Air adalah unsur yang paling banyak terdapat dalam tubuh dan umumnya persentase air dalam tubuh hewan bervariasi tergantung spesies, kondisi, dan umur. hewan muda mengandung air lebih banyak titik hewannya banyak lemak maka kandungan air lebih rendah.

Air adalah unsur yang paling besar pada jaringan unggas. anak ayam mengandung 85% air ayam dewasa 58% air dan di dalam telur 66% air. Air adalah nutrien yang paling kritis. Tubuh terdapat 70% dari bobot badan yang terdiri atas 70% ada dalam sel dan 30% berupa cairan yang mengelilingi sel dan ada dalam darah. Makin tua unggas lemak tubuh meningkat, kandungan air dalam tubuh, dan persentase air dalam tubuh menurun.

Kebutuhan air untuk kebutuhan di dalam tubuh unggas diperoleh melalui tiga sumber Apa itu konsumsi air minum, air yang mengandung dalam pakan, dan metabolisme yang dihasilkan dari katabolisme jaringan tubuh( protein lemak, dan karbohidrat). Konsumsi air minum meningkat dengan bertambahnya umur unggas, walaupun kadar air ini menurut perunit bobot badan. Sebagai contoh, anak ayam umur seminggu dengan bobot badan 60 gram mengonsumsi air minum 0,024 liter, sedangkan ayam umur 6 minggu Dengan bobot badan 1,7kg air sebanyak 0,24 liter.

Kualitas air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan unggas sebaiknya tidak berasa, tidak bau, tidak berwarna, pH netral 7 karena PH rendah membuat air tidak disukai dan menghasilkan performa dan kualitas telur lebih rendah.


Berdasarkan pembahasan di atas mari kita berikan nutrisi yang seimbang untuk produktivitas hidup unggas tersebut. Sampai jumpa di artikel lainnya Himpusphile.

201 views0 comments

Recent Posts

See All

KETUA UKM HIMPUS 2021

Ayo Kenalan dengan Ketua UKM HIMPUS 2021 Hi sobat Himpusphile, sejauh ini kalian sudah tahu kan UKM himpunan pecinta unggas yang merupakan salah satu UKM kece di FKH Universitas Syiah Kuala ? Nah gima

bottom of page